Sabtu, 28 November 2009

Pengalaman Pernah Mengalami Sakit Asam Urat

Kami ingin berbagi pengalaman kepada semua pembaca yang mungkin juga mengalami sakit asam urat.

Kami merasakan mulai terserang penyakit asam urat sejak th 1976 namun saat itu belum parah. waktuitu kami merasakan ngilu di lutut disertai bengkak kemerahan dan suhu hangat disekitar lutut tersebut. waktu itu tidakkami obati karena beberapa hari sakit tersebut hilang dengan sendirinya.

Pada tahun 1978 kami ditugaskan oleh pemerintah untuk menjadi guru di SMP negeri 1 Rogojampi Banyuwangidan sejak saat itulah pola makan kami tidak baik karena di Rogojampi terkenal dengan ikan laut cumi - cumi yang masih segar juga harganyapun relatif murah. Disamping harga yang terjangkau tersebut, cumi - cumi amat sangat enak untuk dinikmati sebagai lauk dan kami hampir setiap hari makan disertai petai.

Disamping itu kami waktu itu memang suka sekali dengan menu jeroan baik ayam maupun lembu. Boleh dikatakan itulah menu makanan kami sehari hari.

Nah beberapa tahun kemudian gejala asam urat mulai tampak lagi dan karena tidak kuatmenahan rasa sakit kami harus minum obat yang kamiperoleh dari resep ddkter yang ternyata obat obat tersebut berefek samping.
Pada tahun 1996 kami merasakan sakit tersebut datang lagi lebih hebat sampai sampai berjalanpun harus pakai tongkat penyanggah. Namun demikian kami memutuskan untuk tidak minum obat tetapi kami biarkan dan konsumsi air putih diperbanyak. Suatu ketika kami menemukan daun sambiloto dan daun itulah yang akhirnya bisa mengurangi bahkan boleh dikatakan menyembuhkan. Dosis yang kami minum juga tidak berlebihan yaitu dalam satu minggu kami hanya minum 2 kali,tiap harinya hanya 1 kali 1 gelas. Untuk menjaga supaya tidak kambuh, pola makan benar - benar kami jaga.
Saat ini kami sudah tidak pernah makan cumi cumi, kerang, udang, gulai kambing, soto jeroan ( iso). dan boleh dikatakan menu sehari hari adalah sayur bening dengan lauk yang penting bergizi. Jadi makanan bergizi belum tentu terdapat pada makanan yang enak
Mungkin pengalaman ini bisa digunakan.

Selain itu apabila seusai makan makanan tertentu dan dikemudian waktu agak terasa sakit pada persendian yang disertai bengkak, maka membiasakan mengkonsumsi terong ungu yang direbus. (fungsinya untuk meredakan bengkak).
Apabila terasa nyeri utamanya ditengah malam, kami membiasakan untuk disiram dengan air dingin (yang sudah diam dalam bak mandi) saat terbagun untuk buang air kecil. Dilanjutkan mandi sebelum sholat subuh dan hal ini sangat membantu beraktivitas karena setelah mandi semakin nyeri berkurang dan terasa lebih rileks. Memang kalau dokter sering menyarankan untuk direndam air hangat, tapi apa yang kami rasakan justru berlawanan.
Pernah kami mencoba untuk dihangatkan dengan bobok kencur dan jahe, aduh ternyata menambah rasa sakit dan ngilu.
Pengalaman yang saya rasakan ini ternyata pada suatu saat browsing kok sencara tidak sengaja mendapatkan beberapa khasiat air dingin sbb :
coba lihat di :
1. klik disini 
2. klik disini 
3. klik disini
4. klik disini
    Untuk no 4 ini larangan minum air dingin (air es maksudnya) setelah makan.

Berikut adalah link untuk penyakit dan pengobatannya

Khasiat manisah


Selanjutnya baca juga link pengobatan dan pencegahan asam urat sbb
1. klik disini 
2. Klik disini 
3. Klik disini
4. Klik disin
5. Klik disini ( baru di link 21 Mei 2013 ) 
6. Klik disini ( untuk jenis sepatu dan dampaknya )
7. Klik disini ( baru di link 21 Mei 2013 penyebab fascilitis plantaris ) dan tanya jawab dengan Dr Suryo Wibowo, SpOk.
8. Klik disini ( baru di link ) Untuk pengobatan dan pencegahan nyeri tumit
9. Klik disini (info fisioterapi untu fascilitis plantaris )
10. Klik disini ( fisioterapi )


 

2 komentar:

Janoko mengatakan...

Waduh Saingannya Pak Hembing Nih...

Unknown mengatakan...

Pak, setahu saya yang produk laut semuanya aman dimakan asal tanpa minyak goreng atau tepung...